Rabu, 04 Maret 2009

ESTER

ESTER

1. Definisi

Ester merupakan suatu senyawa turunan asam karboksilat yang diturunkan dengan mengganti bagian hidroksil (OH) dari gugus karboksilat deengan gugus OR.

Semyawa asam karboksilat dan ester mempunyai rumus molekul yang sama, yaitu CnH2nO2, tetapi gugus fungsinya berbeda. Asam karboksilat mempunyai gugus fungsi

Sedangkan ester mempunyai gugus fungsi. asam karboksilat dan ester disebut berisomer fungsi.





2. Tata nama ester

Penamaan ester hamper sama dengan asam karboksilat, hanya saja karena atom H dari gugus –OH diganti dengan gugus –OH alkil, maka nama asam diganti dengan alkyl dari R, sehingga ester mempunyai nama alkl alkanoat.



3. Isomer ester

Senyawa ester yang mengandung atom C lebih dari dua dapat mempunyai isomer, karena untuk satu rumus molekul ester 2 alkil diantara gugus karbonil dapat berbedA

1. Ester dengan 3 atom C

2. Ester dengan 4 atom C

4. Isomer fungsi antara ester dan asam karboksilat

Ester berisomer fungsi dengan asam karboksilat karena kedua golongan ini mempunyai rumus molekul yang sama.


5. Pembuatan ester

Ester dapat dibuat dengan cara mereaksikan asam karboksilat dengan alcohol dengan memakai katalisator asam sulfat. Reaksi ini disebut juga dengan reaksi pengesteran (esterifikasi). Contoh:

1. Asam formiat (asam metanoat) dengan etanol membentuk etil formiat (etil metanoat)

2. Asam asetat (asam etanoat) dedngan methanol membentuk metal asetat (metal etanoat)

6. Kegunaan ester

  1. Senyawa ester dengan rantai pendek (ester yang berasal dari asam karboksilat suku rendah dengan alcohol suku rendah) banyak terdapat dalam buah-buahan yang menimbulkan aroma dari buah tersebut, sehingga disebut ester buah-buahan. Senyawa ester ini banyak disintesis sebagai penyedap atau essence.

Tabel beberapa ester dan aromanya

Ester

Aroma buah-buahan

Etil asetat

Pisang selai

Etil butirat

Strawberry

Amil asetat

Nanas

Amil valerat

Apel

Oktil asetat

Jeruk

Disamping itu juga digunakan sebagai pelarut pada permukaan cat, cat kuku, dan perekat.

  1. Ester yang berasal dari gliserol dengan asam karboksilat suku rendah atau tinggi (minyak dan lemak). Digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan sabun dan mentega.

3. Ester dari alcohol suku tinggi dan asam karboksilat suku tinggi disebut sebagai lilin (wax), lilin ini berbeda dengan lilin hidrokarbon (lilin paraffin). Kegunaannya adalah untuk pemoles mobil dan lantai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar